Thursday, March 15, 2012

Tips Agar Semangat Nulis

Oke, teman – teman, kali ini saya ingin bagi resep tentang cara gimana biar kita semangat buat nulis. Ya, nulis, mungkin ada yang bertanya emang penting po nulis ? Kalau bagi saya sih nulis tuh penting banget, kenapa ? Saya ingin mengutip quotation dari guru saya di TwitterLand ( @Jamilazzaini ) beliau bilang begini, “ Bila anda ingin tahu dunia bacalah, dan bila dunia ingin tahu anda tulislah ”. Nah itu yang bikin saya semangat nulis dan saya anggap nulis itu penting ( pake banget ). Lah, kalau lagi ga semangat nulis gimana ? Oke berikut tips dari saya biar kita semangat nulis. Monggo disimak…..



Kalau kamu lagi malas nulis ( di laptop/komputer ) coba deh buka Ms. Word atau aplikasi lain yang sejenis. Buka aja ga papa, biar kamu liat terus tuh iconnya. Kalau kamu emang pingin nulis, cuma waktu itu lagi males, lama – kelamaan kamu akan nulis juga. Kenapa ? Ya karena kamu liat iconnya Ms. Word tadi. Lama kelamaan pasti rasa pingin nulis mu semakin besar dan rasa malas mu berangsur hilang. kalau engga punya laptop atau komputer gimana ? Ya pake buku/kertas ama pulpen juga ga papa kok. Nah kertas ama pulpennya tuh, ditaruh yang viewing-nya enak. Maksudnya enak tuh kita selalu liat, kalau selalu liat kan keinginan buat nulis akan muncul. Jadi deh kamu nulis.


Itu cara pertama, cara yang lain adalah buka dan baca artikel yang udah pernah kamu tulis. Dengan membaca, otak anda akan terstimul untuk menulis. kalau lagi engga ada artikel gimana ? Gampang, coba buka website yang menginspirasi. Yang isinya artikel ringan, tapi bermanfaat. Kalau engga ada artikel dan website gimana ?


Ok, kalau begitu kamu ikuti cara yang lain aja. Caranya adalah dengan membaca buku, bukunya terserah. Namun direkomendasikan buku yang memuat keilmuan baru, pengetahuan yang belum banyak terkuak. Kenapa milih itu ? Karena kalau membaca itu, kamu akan tergerak untuk membagi pengetahuan itu kepada orang lain. Nah itulah kuncinya, karena tergerak untuk berbagi kamu pasti akan nulis. Ga mungkinkan kamu akan menemui banyak orang lalu kamu cerita kepada mereka satu per satu ttg ilmu yang baru kamu dapet. Cara termudah ya nulis, lalu kamu post di blog/web/FB/Twitter. Oh ya, kalau bisa usahakan artikel yang kamu tulis buka hasil copy-paste. Kalaupun harus copy-paste ya seminimal mungkin. Kira-kira 30% dari seluruh konten tulisan mu. Tiga puluh persen itu batas maksimal lho.



kalau tiga cara itu belum ampuh ?

Jawaban saya simple : udah deh coba dulu, jangan banyak tanya jangan menunda-nunda. kalau udah dicoba pasti pingin nulis kok.
kalau kamu masih belom semangat nulis, kayaknya kamu butuh dirukyah. Hehe J

No comments:

Post a Comment