Friday, November 9, 2012

LinkedIn

logo linkedIn
logo linkedIn
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional, namun bagi para freelancer LinkedIn juga bisa digunakan untuk mendukung ‘karir’ mereka dan mengembangkan keahlian. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. Linkedin mampu mempertemukan anda dengan orang-orang yang anda percaya dan membantu anda untuk saling bertukar ide, pengetahuan serta kesempatan dengan jaringan professional yang sangat besar.
Situs ini sangat cocok dipakai untuk berburu kawan se-profesi dan pekerjaan. Hal ini didukung dengan banyaknya grup tertentu berdasarkan bidang keahlian atau keterampilan seseorang. Jadi, jika memiliki keahlian tertentu, silakan bergabung di grupnya. Tidak sedikit pesan lowongan yang biasa beredar di dalam grup.
Kelebihan LinkedIn sebenarnya sangat membantu para pencari kerja maupun para profesional yang telah memiliki pekerjaan. Namun tidak banyak dari mereka yang mampu memanfaatkan LinkedIn dengan maksimal.
Tips mengoptimalkan LinkedIn :
  • Untuk seorang pebisnis, Linkedin adalah sarana networking model baru. Kegiatan yang dulu terjadi di executive club, cafe di hotel-hotel, kini justru berpindah ke Linkedin.
  • Pebisnis dapat menjalin relasi langsung dengan pemilik bisnis atau pimpinan perusahaan yang menjadi targetnya, dengan mem-follow halaman perusahaan tersebut, hal itu memungkinkan pebisnis mengetahui info kegiatan perusahaan tersebut.
  • Linkedin memungkinkan perusahaan melakukan employer branding (branding perusahaan di mata karyawan dan calon karyawan) untuk menarik kandidat potensial bergabung ke perusahaan kita.
  • Untuk individu, tentu saja Linkedin adalah sarana personal branding yang sangat bagus, dengan mengisi profil Anda selengkap mungkin, sehingga kemungkinan profil Linkedin kita ini akan muncul pada urutan pertama hasil search Google dengan keyword nama kita.
Dihimpun dari berbagai sumber : Sumber 1, Sumber 2, Sumber 3, Sumber 4

No comments:

Post a Comment