Tuesday, November 6, 2012

Menyambungkan Tumblr dengan Disqus


logo disqus
Disqus

Oke deh para pembaca, untuk edisi kali ini kita masih akan membahas tentang Disqus. Kemarin kan udah diceritain tuh tentang disqus yang salah satu kelebihannya adalah dapat diintegrasikan dengan tumblr. Jadi kali ini saya akan memberikan cara mengintegrasikan disqus dengan tumblr.
Fitur utama yang lainnya yang juga ditawarkan Disqus, dan tidak kalah pentingnya, adalah Disqus Comment. Setelah memiliki akun profil di Disqus, maka pengguna akan bisa mengintegrasikan berbagai situs yang sering ia gunakan dengan Disqus. Lalu bagaimana cara mengintegrasikan Disqus dengan situs-situs lainnya?
Pengguna tinggal masuk ke situs Disqus (www.disqus.com) dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang telah tersedia dengan jelas di sana, maka selanjutnya pengguna dapat menggunakan Disqus di berbagai situs yang ia gunakan. Misalnya mengintegrasikan Disqus dengan Tumblr, maka pengguna dapat memulai melakukan diskusi di dunia maya. Siapa saja dapat menggunakan Disqus di situs tersebut untuk ikut mengomentari atau juga melakukan diskusi dengan si pengguna. Untuk lebih menjaga privasi, pengguna juga dapat mengatur profil Disqus miliknya agar hanya pengguna Disqus yang terdaftar dan memiliki alamat email yang terjamin saja yang dapat ikut mengomentari di akun situs milik si pengguna.
image tumblr
image tumblr

Berikut contoh langkah-langkah pengintegrasian Disqus dan Tumblr:
  1. Masuk ke situs Tumblr, lalu masuk ke bagian Customize (pengaturan tampilan)
  2. Dalam kotak Appearance (Tampilan), lihat bagian opsi “tambahkan Disqus Shortname”.
  3. Masukkan nama akun profil yang telah didaftarkan di Disqus
  4. Klik tombol Save (simpan)
  5. Disqus telah terintegrasi dan dapat digunakan untuk berkomentar maupun berdiskusi di Tumblr.
Oh ya mumpung belum lupa. Buat info aja nih ya, Disqus beberapa bulan yang lalu telah menyediakan tipe mobile yang bisa dipasang di telepon selular. Baru-baru ini Disqus telah mengeluarkan tipe mobile untuk sistem operasi IPhone (iOS), Android, dan webOS. Aplikasi ini cukup mudah digunakan, ringan, serta efisien dalam penggunaan baterai. Disqus Mobile ini dapat langsung diunduh karena telah tersedia dalam bentuk kode bar (barcode).
Fitur-fitur yang disediakan dalam Disqus Mobile ini antara lain:
  • Menyetujui, menandai spam, dan menghapus konten
  • Menyaring berdasarkan status
  • Penanda gambar latar
  • Pencari
  • Membalas komen
  • Melihat konteks

No comments:

Post a Comment